Sabtu, 01 Oktober 2011

Cheetah

Cheetah (Acinonyx jubatus) adalah anggota keluarga kucing (Felidae) yang berburu mangsa dengan menggunakan kecepatan dan bukan taktik mengendap-endap atau bergerombol. Acinonyx dalam bahasa Yunani artinya "no-move-claw". Sedangkan kata "Jubatus" dalam bahasa Latin artinya "berbulu tengkuk". Kata "Cheetah" diambil dari bahasa Sansekerta yaitu Chitraka yang berarti "berbintik". Hewan ini adalah hewan yang tercepat di antara hewan darat dan dapat mencapai kecepatan 110 km/jam dalam 460 m, dengan akselerasi 0 - 100 km/jam dalam waktu 3,5 detik.

Cheetah dapat ditemukan di sebagian besar Afrika, beberapa tempat di Timur Tengah dan beberapa tempat di Asia Selatan. Untuk lebih jelas, silahkan melihat gambar dibawah ini:
File:Cheetah range.gif


Seorang bayi Cheetah akan dilindungi oleh induknya sampai ia bisa berburu mangsa sendiri. Induknya akan mencarikan mereka makanan sementara anak-anaknya diletakkan di suatu tempat yang aman. Setelah mendapat makanan. Makanan itu akan dibawa ke tempat anak-anaknya berada untuk dimakan oleh anak-anaknya. Seorang induk Cheetah akan lebih mendahulukan anak-anaknya dibanding dirinya.
File:Cheetah and cubs.jpg
Anak Cheetah dengan induknya


Kecepatan Cheetah yang tinggi juga memiliki kelemahan.Kelemahan yang pertama adalah, saat Cheetah berlari, suhu tubuhnya akan naik sangat cepat. Dan suhu yang tinggi, dapat membunuh otaknya secara perlahan. Kelemahan yang kedua adalah, Cheetah membakar kalorinya sangat cepat. Hanya dengan lari beberapa detik saja, kalorinya sudah sama dengan yang dibakar manusia marathon tanpa henti selama setengah jam. Jika kalorinya sudah habis dan masih memaksakan untuk berlari, Cheetah mulai membakar otot-ototnya. Karena itu, Cheetah hanya mempunyai waktu kurang dari satu menit untuk membunuh mangsanya. Dan setelah berlari, Cheetah harus beristirahat selama 30 menit atau mungkin lebih. Setelah beristirahatpun, Cheetah harus cepat-cepat membawa mangsanya kepada anak-anaknya sebelum ketahuan oleh pemangsa lain yang ia takuti. Seperti Hyena, Singa, dll.
Cheetah berusaha mengejar mangsanya

 
Cheetah beristirahat setelah membunuh mangsanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar