Jumat, 30 September 2011

7 Jalan unik di dunia

1.Baldwin Street (Dunedin, Selandia Baru)
 DunedinBaldwinStreet Top.jpg
Baldwin Street, di kota DunedinSelandia Baru, terkenal sebagai jalan paling curam di dunia. Jalan ini terletak di suburb North East Valley, 3,5 kilometer timur laut dari pusat kota Dunedin. Panjangnya 350 meter, bagian dasarnya tidak terlalu curam, dan permukaannya dari aspal, tapi bagian atas jalan buntu ini sangat curam dan terbuat dari beton. Kecuraman maksimumnya adalah sekitar 1:2,86 (19° atau 35%) - artinya untuk setiap 2,86 meter horizontal, naik 1 meter.
2.Lombard Street (San Fransisco, Amerika Serikat)

Lombard Street adalah jalan paling berliku di dunia. Dilengkapi dengan 8 tikungan sempit, menjadi salah satu jalan paling sulit dilalui di dunia.
3. Magic Roundabout (Swindon, Inggris)
 Map of Magic Roundabout
Magic Roundabout adalah bunderan paling buruk di dunia. Dibangun pada tahun 1972 dan terdiri dari 5 bunderan kecil. Untuk memperburuk keadaan, anda harus melakukan perjalanan dengan arah yang berlawanan dari arah jarum jam. Padahal di Inggris, bunderan berputar searah jarum jam
4. Avenida 9 de Julio (Buenos Aires, Argentina)

Dengan 6 lines di setiap arah, Avenida 9 de Julio menjadi jalanan terlebar di dunia. Namanya diambil dari hari kemerdekaan Argentina, yaitu 9 Juli 1816. Panjang jalanan ini hanya 1 kilometer.
5. Parliament Street (Exeter, Devon, Inggris)

Inilah jalan tersempit di dunia dengan ukuran 64 cm. Dengan jalanan sesempit ini, tidak akan mudah memasuki jalanan ini dengan 2 orang yang berdampingan.
6.Pan-American Highway (Alaska, Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Guatemala, El Savador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, Panama, Kolombia, Ekuador, Peru, Chili, Argentina)

Pan-American Highway adalah jalanan terpanjang di dunia. Jalanan ini membentang dari utara ke selatan benua Amerika. Jalanan ini melintasi 15 negara, yaitu Alaska, Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Guatemala, El Savador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, Panama, Kolombia, Ekuador, Peru, Chili dan Argentina. Panjang jalanan ini adalah 47.958 km / 29800 mil.
7.Ebenezer Place (Wick, Caithness, Skotlandia)

Ini adalah jalan paling pendek di dunia. Panjangnya hanya 2.06 m, mengalahkan pemegang rekor sebelumnya yaitu Elgin Street di Lancashire, Inggris yang berukuran 5.2 m. Hanya satu bangunan yang didirikan di jalan ini, yaitu Hotel Mackays. Secara resmi dijadikan jalan pada 1887

Tidak ada komentar:

Posting Komentar